Mata Kuliah : Pengetahuan komputer
Dosen pengampu : Abdul sahir S.Pd.,M.Pd
MAKALAH
PENGETAHUAN KOMPUTER
“HARDWARE
DAN SOFTWARE”
DISUSUSN
OLEH :
SULIANA
: 1304411154
PROGRAM
STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS
TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS
COKROAMINOTO PALOPO
2016
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang memudahkan hambanya
dalam menyelesaikan makalah ini. Walaupun ada beberapa rintangan yang
menjadi kendala, namun dengan keridhoan-Nya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini disusun dengan judul “Sofware dan Hardware”. Makalah ini
dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengetahuan Komputer.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan makalah ini
masih jauh dari sempurna, maka penulis akan sangat menghargai adanya saran dan
kritik yang bersifat konstruktif. Semoga
apa yang tersirat ini dapat menjadi manfaat bagi pembaca dalam menambah ilmu
pengetahuannya serta mendapat keridhoan Allah SWT.
Palopo, 02 Novmober 2016
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL
KATA PENGANTAR..................................................................................
ii
DAFTAR ISI.................................................................................................
iii
BAB
I. PENDAHULUAN
- Latar
Belakang …………………………………………………….. 1
- Rumusan
Masalah …………………………………………………. 1
- Tujuan
Penulisan Makalah…………………………………………. 1
BAB
II. PEMBAHASAN
- Hardware…………………………………………………………...
3
- Software……………………………………………………………
6
BAB
III. PENUTUP
- Kesimpulan………………………………………………………..
11
- Saran………………………………………………………………
11
DAFTAR PUSTAKA................................................................................
12
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Hampir
seluruh aspek kehidupan
manusia saat ini
tidak dapat dilepaskan
dari teknologi, khususnya teknologi
komputer. Dapat dilihat bahwa
untuk menuliskan suatu dokumen,
orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan
perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah
menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk
keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan
melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam
bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer
multimedia. Pengolahan data dengan menggunakan
komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic
data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu
kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau
gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu
diolah lebih lanjut.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah
dari penulisan makalah ini yaitu mengenai “Apa itu Software dan Hardware dan
Apa saja yang menjadi komponen-komponennya ?”
C. Tujuan
Tujuan penulisan
makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas yang diberikan dan dengan makalah ini
mahasiswa dapat belajar dan memahami mengenai Softaware dan Hardware.
BAB II
PEMBAHASAN
Komputer merupakan sekumpulan peralatan
elektronik yang saling berkaitan antara komponen satu dan komponen yang lainnya
sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan
menghasilkan informasi. Agar dapat digunakan untuk memproses data diperlukan
dua perangkat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu :
1. Perangkat keras komputer (hardware); dan
2. Perangkat lunak komputer (software).
Hardware (perangkat keras) komputer, tidak akan dapat digunakan
tanpa kita beri perintah dengan suatu kode atau bahasa pemrograman tertentu,
atau yang sering disebut sebagai Software Komputer (perangkat lunak).
A. Hardware
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua
bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau
yang beroperasi di dalamnya. Agar dapat digunakan untuk memasukkan data,
memproses data, dan menghasilkan informasi maka paling sedikit perangkat
komputer harus terdiri dari keyboard, CPU (Central Processing Unit), monitor,
dan printer. Dilihat dari fungsinya, peralatan komputer dapat dibedakan menjadi
llima macam, yaitu :
1. Peralatan
masukan (Input), Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari
luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat
berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer. Sedangkan maintenance input berbentuk
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi, Input device
selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi 2
yaitu :
a. Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
b. Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
2. Peralatan proses Perangkat pengolah data
dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat
(CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor. CPU (Central Processing
Unit) merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian
sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
Beberapa sirkuit tersebut terdapat Motherboard, Processor, Memory (RAM), Kartu
Grafis (VGA Card), Kartu Suara (Sound Card), Harddisk, Floopy Disk Drive, DVD
Room, Power Supply, Baterai CMOS, Fan, Heatsink, dll. Unit pemrosesan yang
berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau
pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur
penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logical unit dan control unit.
1.
Primary storage adalah
ukuran besarnya processor atau
biasa disebut dengan main memory.
2.
Arithmatic logic unit adalah
suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer
3.
Control unit adalah
merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan
unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan
didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmaticlogic unit mengenai
operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil
ditempatkan.
Perangkat-perangkat alat proses berserta
perlengkapan, yaitu sebagai berikut :
a.
Casing adalah kotak pembungkus perangkat
keras (hardware) didalam CPU agar terhindar dari
kotoran dan sentuhan tangan.
b.
Power supplay, menyediakan arus listrik
untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan
aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay
menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan
power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan
ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja
menggunakan banyak menggunakan Periferal (unit tambahan).
c.
Motherboard adalah papan rangkaian utama
komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.
d.
Processor sering
disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen
lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah
sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang
berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak
pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan
processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung
dari jenis dan kapasitas processor. Prosesor adalah chip yang sering disebut
“Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran
tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi.
Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM,
IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3
yaitu :
1)
Aritcmatics Logical Unit (ALU)
2)
Control Unit (CU)
3)
Memory Unit (MU)
e. Memory
adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan
informasi. Semakin besar kapasitas memory yang
digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan berikut ini
beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang
paling lambat.
3.
Peralatan Penyimpanan,adalah alat-alat untuk menyimpan data,
informasi instruksi, maupu program. Ada beberapa peralatan penyimpanan, antara
lain :
a. Disket
b. Hardisk
c. CD (Compact Disk)
d. Flashdisk
e. Disk Array Controller
4. Peralatan Tambahan (Periferal),
adalah perangkat tambahan yang dipasang untuk lebih mendayagunakan komputer.
Perangkat ini ada yang digolongkan sebagai perangkat masukan, processor, dan
perangkat keluaran. Alat ini biasanya berbentuk kartu yang harus di pasang pada
expantion slot yang terletak di motherboard. Beberapa perangkat tambahan yang
biasa digunakan, seperti :
a.
Modem
b.
Music Card
c.
TV Card
d.
Webcam
e.
Headphone
f.
Peralatan Keluaran
5. Peralatan keluaran
adalah alat yang digunakan untuk menampilkan informasi dari komputer. Peralatan
keluaran yang sering digunakan adalah
a.
Monitor, Alat untuk menampilkan hasil pengetikan
pemrosesan data.dalam istilah komputer, informasi atau tulisan yang
terlihat pada layar monitor dinamakan soft copy.
b.
Printer, Alat untuk mencetak informasi pada kertas. Dalam istilah
komputer, informasi atau segala sesuatu yang telah tercetak di kertas dinamakan
hard copy.
c.
Speaker, Alat untuk mengeluarkan suara.biasanya dipakai jika
program komputernya sudah berbasis windows atau mltimedia.
B. Software
Software
adalah nama lain dari Perangkat Lunak yang artinya sebuah kode program yang
disusun sedemikian rupa secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan. Pada
setiap sistem komputer harus terdapat software karena tanpa software interaksi
antara brainware (penjelasan ada di bawah) dengan hardware tidak memungkinkan
yang bisa kita lihat tetapi tidak bisa diraba.
1. Sistem Operasi
Sistem
operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat
booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Terdapat 2 jenis sistem operasi
berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang
berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User
Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem)
dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan
sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP,
serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2.
Program bantuan atau
Utility
program
bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau
menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan
Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
Salah satu
dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena
itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS
tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang
dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token R ing dan
Lantastic merukan contoh-contoh program ini.
3.
Bahasa Komputer
(Computer Language)
Computer Language merupakan bahasa yang digunakan
untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karenacomputer language memiliki
kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a. Low Level
Language, merupakan
bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh
pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin assembly language
b. High Level Language,merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dsb.
b. High Level Language,merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dsb.
4.
Program Aplikasi
Program
aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan
untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya.Aplikasi ini disiapkan sesuai
kebutuhan. Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
a.
Word Processing
Word
Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh :
Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
1)
Desktop Publishing,merupakan program yang mengatur tata
letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura
Publisher, Page Maker.
2) Program Speadsheet,merupakan
program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft
Excell, Lotus Improv.
3) Database Management System, Salah satu kegunaan
komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar.
Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi.
Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian
menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database
management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database
saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
5.
Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, adobe photoshop.
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, adobe photoshop.
6. Program Akuntasi
Aplikasi
yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan
dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000,
PeachTree Accounting.
7. Program Statistik
Program
statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang
berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.
8.
Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
9.
Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video, nero showtime, winamp.
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video, nero showtime, winamp.
10. Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition zero.
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition zero.
11. Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.
Software Komputer terbagi menjadi 2, yaitu :
1. Software
Aplikasi.
Software
Aplikasi merupakan software yang digunakan untuk melakukan pemrosesan,
pekerjaan akhir bagi pengguna akhir (end user) suatu hardware. contoh :
Microsoft Word, Excel. Sofware ini terbagi menjadi 2 klasifikasi yaitu :
a.
Sofware
Aplikasi Umum adalah
Program
yang melakukan pekerjaan pemrosesan informasi umum bagi para pemakai akhir.
Contohnya: program pengolah kata (word processing), program kertas kerja
(spreedsheet), program program managemen data base, program grafik, adalah
program-program yang terkenal diantara para pemakai, mikrokomputer untuk
pemakaian rumah, pendidikan, bisnis, keilmuan, dan banyak tujuan lain.
b.
Sofware Aplikasi Khusus (Sofware Aplikasi Bisnis)
Tersedia
untuk mendukung aplikasi khusus para pemakai akhir dalam bisnis dan bidang lainnya.
Contohnya: sofware aplikasi bisnis mendukung perekayasaan ulang dan
otromatisasi proses bisnis dengan aplikasi e-bussiness strategis seperti
managemen hubungan pelanggan, enterprise resourse planning, dan menegemen
rantai pasokan. Contoh lainnya adalah sofware yang dapat diaplikasikan dalam
Web seperti electronic commer,atau dalam berbagai area fungsional seperti
managemen sumberdaya manusia, akuntansi dan keuangan
2.
Software Sistem.
Sofware
Sistem merupakan suatu software yang digunakan mengelola, mendukung operasi
sistem dan jaringan. Contohnya : Operation System. Software sistem terdiri dari
2 klasifikasi, yaitu :
a. Program Managemen Sistem.
Merupakan
program untuk mengelola hardware, software, jaringan dan sumber daya data dari
sistem komputer selama pengoperasian berbagai pekerjaan pemrosesan informasi
dari para pemakai. Contoh: dari program managemen sistem penting adalah sistem
operasi, program managemen jaringan, sistem managemen database, dan utilitas
sistem.
b.Program pengembangan sistem.
Merupakan
program-program yang membantu para pemakai untuk mengembangkan program dan
mengembangkan program dan prosedur sistem informasi serta yang mempersiapkan
program bagi para pemakai untuk pemrosesan melalui komputer. Program
pengembangan sofware utama adalah penerjemah dan editor bahasa pemrograman,
serta berbagai jenis CASE (computer-aided software engineering) dan al;at
pemrograman lainnya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik
komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang
beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Hardware (perangkat keras) komputer, tidak akan dapat digunakan
tanpa kita beri perintah dengan suatu kode atau bahasa pemrograman tertentu,
atau yang sering disebut sebagai Software Komputer.
B.
Saran
Saran kami terhadap
makalah ini yaitu hasil pengamatan yang kurang sempurna. Selain itu,
istilah-istilah di perangkat komputer yang begitu banyak dan catatan kaki yang
belum tahu yang mana mesti perlu dijelaskan mengenai istilah-istilah komputer
membuat penjelasan tentang hasil pengamatan serta penjelasan istilah-istilah di
makalah ini jauh dari kesempurnaan.
DAFTAR PUSTAKA
Purwanto,Edi.
2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Murtono,
Sri, M.Pd. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Blog
pada WordPress.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar